HUT Madina ke 20 dibanjiri Pembangunan dan Peningkatan SDM ” Darmin Nasution : Halak Maga Mandailing do au

0
278

Panyabungan – Sumtengpos Bupati Madina dalam pembukaan HUT ke – 20 ” sambutan hangat yang kita sayangi dan rindukan  Bapak Darmin Nasution dan Seluruh FKPD yang seluruhnya hadir dan Seluruh undangan dan masyarakat Madina.

Menko Perekonomian yang hadir datang selaku putra terbaik Mandailing Natal dan kebanggaan orang Mandailing Natal ungkap Bupati dalam kata sambutannya.

Sarana peningkatan perekonomian atas perintah Bapak ke Kementerian Pekerjaan Umum 100m dengan anggaran Milyaran, anggaran ini  menyambungkan jalan Batangtoru sampai Sumatera Barat, ratusan milyaran anggaran yang Bapak anggarkan akhir tahun ini terima kasih Ungkap Bupati.

179 km Batangtoru ke Sumbar merupakan jalan Madina Jalan terpanjang dunia ke dua merupakan nantinya sarana wisata dari dalam dan luar negeri.

Berkat bantuan Bapak melalui Menteri Kesehatan  Rumah Sakit Madina sekarang sudah tingkat ke tiga, nantinya akan menjadi Rumah sakit terbesar di Sumatera Utara.

60 persen Dokter dari USU dan UISU merupakan yang bekerja di Penang Malaysia.
Bupati berharap Rumah sakit yang sudah di canangkan di Madina semoga membawa berkah menjadi rumah sakit terbaik dan terbesar di Sumut nantinya.

Persyaratan untuk lapangan terbang atau bandara sudah selesai tinggal pengecekan dari Kemenhub beberapa bulan lagi.

Untuk membantu kampus di Madina kami berharap UIN segera makin meningkat dan rencana Fak Kedokteran, Pertambangan, Hukum dan Ekonomi akan segera di bangun.

Jalan menuju Sosa sudah lebar 12m dilaksanakan, jalan Ini tembus akan tembus ke Riau dan Sumbar “mohon arahan supaya jalan itu masuk menjadi jalan Nasional di aspal harap Bupati lagi.

Kejayaan kopi Mandailing atas arahan Menko Perekonomian Ri dengan mengutus DR. Budi, atas penelitian yang dilakukannya pohon kopi yang ditemukan beda dengan kopi lainnya, sudah bisa dibuat sumber kelestarian dan di budidayakan ini.

Kopi ini harapan pelepasan seribu hektar punya pemerintah untuk diperdayakan masyarakat, persyaratan untuk bisa digunakan dan masyarakat di Madina untuk pelestarian kopi Mandailing sudah di dilengkapi tambah Bupati lagi.

Mesin pengolah kayu untuk karet akan diberikan Kemenko untuk membantu perekonomian masyarakat Madina juga.

Arahan dan pembukaan dari Darmin Nasution merupakan dimulainya acara.

Darmin Nasution menyampaikan manderes karet yang merupakan mata pencarian masyarakat disini , dimana harga karet turun, kita sudah memulai dengan cara ada Bursa ( KPB )Kantor Pemasaran Bersama. Dalam dua minggu ini harganya 5-6 ribu, sekarang harga karet naik bergerak 7-8 ribu tambah Menko lagi.

PTPN 3 dan PTPN 7 juga sudah mulai membeli karet salah satu upayanya tambah Darmin lagi.

Presiden akan mendorong harga karet, tidak dengan cara diplomasi saja, di Thailand produksinya hampir dua kali dari Indonesia.

Pembelian lebih luas dari karet rencana untuk mengaspal jalan. Melalui NSPK Menko Darmin sudah perintahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum untuk Sumatera, jawa,kalimantan,NTB. Surat edaran dari program pencapai itu merupakan wajib akan di laksanakan secepatnya.

Alak maga do au Madinaon uboto dosudei ungkap” Darmin ke hadirin, peremajaan karet harus tingkatkan dan misalnya 0,6ha ditanam karet 0,4 persen lagi di tanam lasiak ungkapnya.

Peremajaan akan di bantu pemerintah maksimum 1 ha. Kita akan tanam bibit bagus dan berikan sertifikat nya seperti sawit yang sudah di jalankan tahun lalu ungkap Darmin.

Apabila ada tanah duluan kebunnya akan kita keluarkan sertifikat nya sesuai permohonan dan persyaratan yang berlaku tambahnya.

Program PPKH Bupati segera kirim ke Gubernur dan kirim ke saya akan saya dapatkan k Kemenhub dan LH ungkap Darmin.

Pemerintah sudah 4 tahun ini sudah bangun infrastruktur , untuk tahun ini akan pembangunan SDM nya di prioritaskan ungkap Menko lagi.

Orang Mandailing itu rajin sekolah, untuk pendidikan SMK kurikulum dan guru akan kita rombak ungkap Darmin tahun ini.

BLK akan mengeluarkan sertifikat , SMK dan Politeknik akan kita tingkatkan dan lengkapi alatnya. Rencana tahun ini pesantren juga akan diberikan program pelatihan tidak hanya agama saja tambah Menko.

Kemenko akan menambah anggaran UMKM dan KUR lebih di tingkatkan, nelayan dan petani kita tingkatkan, Menko perekonomian dengan mengucapkan” Bismillah dl ” Selamat Ulang Tahun Mandailing Natal dan pemukulan gong merupakan tanda dimulainya acara dan pelepasan burung merpati oleh Menko,Bupati dan FKPD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here