Ketahanan Pangan, Kapolres dan Bhayangkari Tapsel Tanam Palawija

0
284

Tapsel, Sumtengpos – Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional, sekaligus menyambut HUT Bhayangkara ke 74, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, dan Ketua Bhayangkari Cabang Tapsel, Ny. Pepin Roman Elhaj, Selasa (30/6) melaksanakan penanaman palawija di lahan Asrama Polisi Sitataring Padang Sidimpuan.

Dalam program Ketahanan Pangan ini, Polres Tapsel menggandeng Pemkab Tapanuli Selatan, yang diwakili Kadis Pertanian Ir. Bismar Maratua Siregar.

“Hari ini, masih dalam menyambut HUT Bhayangkara ke 74, Polres Tapsel bekerja sama dengan Pemkab Tapsel menanami lahan kosong seluas 2 hektar lebih di Asrama Polisi Sitataring ini dengan Palawija. Tentu ini nantinya sangat berguna untuk warga penghuni Asrama dan masyarakat sekitar,” ujar AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH Kapolres Tapanuli Selatan.

Adapun jenis Palawija yang ditanami yakni, jahe, jagung dan umbi umbian. Penanaman dilaksanakan bersama Kapolres AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, Ketua Bhayangkari Cabang Tapsel Ny. Pepin Roman Elhaj dan seluruh jajaran pejabat utama Polres Tapsel, Bhyayangkari serta Kadis Pertanian Tapsel.

Penanaman Palawija di lahan kosong Asrama Polisi Sitataring ini, guna melengkapi tanaman pangan, yang telah ditanam sebelumnya. Polres Tapsel sudah memanfaatkan lahan ini dengan berbagai tanaman, namun dirasa masih kurang karena masih ada lahan yang belum ditanami.

“Kita sangat berterimakasih sepenuhnya, atas usaha Polres Tapanuli Selatan dalam mendukung Program Nasional Ketahanan Pangan dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar asrama Polisi ini. Kita juga akan bekerja sama terus dengan Polres Tapsel untuk memanfaatkan lahan kosong lainnya, sehingga tujuan program Ketahanan Pangan ini dapat tercapai khusunya di Tapanuli Selatan,” ujar Bismar Maratua Siregar Kadis Pertanian Tapsel, di sela sela acara penanaman.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH dan Kadis Pertanian Taspel, juga meninjau KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) milik Bhayangkari Cabang Tapsel. KRPL ini, sudah dikelola Bhayangkari hingga panen dan menjadi Idola kaum ibu yang tinggal di Asrama Polisi Sitataring.

“Ketahanan Pangan dengan sistem tanam Hydroponik ini, sudah dirasakan manfaatnya oleh keluarga Bhayangkari yang tinggal di Asrama Polisi Sitataring ini. Setiap hari mereka bisa mendapatkan dengan mudah sayur sayuran yang segar,” ujar Ny. Pepin Roman Elhaj, Ketua Bhayangkari Cabang Tapsel.

Untuk Ketahanan Pangan Nasional, saat ini Polres Tapanuli Selatan sedang mengelola lahan kosong pertapakan Polres Tapsel seluas 5 ha di Sipirok, dan lahan pertapakan Polres seluas 5 ha di Gunungtua Paluta. Lahan ini direncankan akan ditanami dengan palawija serta kolam dan sayur sayuran lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here