Universitas Aufa Royhan : Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Panti Asuhan Ujung Gurap Padangsidimpuan Tenggara Oleh Dosen dan Mahasiswa Keperawatan Semester 3

0
1121

Padangsidimpuan, Sumtengpos.com – Beberapa waktu lalu Mahasiswa Universitas Aufaroyhan kota Padangsidimpuan, Program Studi Keperawatan semester III telah mengadakan Pengabdian kepada masyarakat dengan topik utama PHBS untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Ada 3 tema yang diangkat pada kesempatan ini yang pertama yaitu “Pendidikan Kesehatan PHBS mencuci tangan pakai sabun” yang disampaikan oleh, Mastiur Napitupulu,M.kes.

Tema yang kedua “Pendidikan Kesehatan PHBS Menggosok gigi menggunakan media leaflet & Demostrasi yang disampaikan oleh : Olivia Feby Mon Harahap,M.Pd.

Tema yan ke tiga yaitu “Pedidikan Kesehatan PHBS Melakukan aktifitas fisik menggunakan media falsh card” yang di sampaikan oleh : Zinul Arifin Nasition, M.Hum.

Pada dasarnya, pendidikan salah satu upaya untuk mengembangkan dan membina potensi daya manusia melalui berbagai kegiatan belajar-mengajar yang diselenggarakan dengan jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Dalam kegiatan PHBS ini para dosen dan maha siswa mengajarkan kepada anak-anak Sd di Panti Asuhan bagai mana cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar, disamping itu juga ada kegiatan Aktifitas Fisik .

Di dalam materi ke II para dosen bahasa inggris dan mahasiswa menyampaikan komunikasi menggunakan bahasa ingris, sambil mengajari Siswa tentang PHBS.

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat diperlukan dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini, sehingga penting untuk dipelajari saat ini.

Mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia, tentunya proses pembelajarannya memerlukan pendekatan yang tepat dan efektif, tidak sekadar mempelajari Vocabulary dengan membuat anak mampu mengucapkan dan menghafal.

Dalam hal ini, digunakan media pembelajaran kreatif untuk meningkatkan pelafalan kosa kata bahasa Inggris pada anak Sekolah Dasar.

Kart-kartu yang digunakan di desain semenarik mungkin agar menarik perhatian siswa Sekolah Dasar yang membacanya. Dengan demikian, peserta didik tertarik untuk mempelajari dan menghafal kosa kata secara terus-menerus.
Lalu di lanjut dengan kegiatan Aktifitas fisik, seperti yang jita ketahui Aktivitas fisik yang dilakukan oleh seorang anak maupun dewasa, sangat baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu, aktivitas fisik yang dilakukan pun sangat berguna bagi perkembangan otak dan pertumbuhan si kecil. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, cukup melakukan hal-hal sederhana di rumah dan lingkungan sekitar; misalnya : bermain bola, bersepeda, naik turun tangga, jalan santai, dan kegiatan lainnya.

Disini kami menjelaskan kepada adik-adik siswa/i. Sd Panti Asuhan UjungGurap bahwasanya aktivitas fisik itu sangat penting, sembari mengajarkan beberapa gerakan ativitas fisik yang sederhana.
Para siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan ini yang dipandu oleh mahasiswa dan tampak ada beberapa siswa yang meminta untuk berulang kali mencoba.

Setelah dilakukan kegiatan ini, diharapkan seluruh siswa yang ada di panti asuhan bisa melakukan dan menerapkan PHBS dengan baik setiap hari agar terhindar dari penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here