Bapelitbang Kota Padangsidimpuan Selengarakan Forum OPD, Rangka Penyusunan RKPD Tahun Anggran 2023

Padangsidimpuan, Sumtengpos – Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kota Padangsidimpuan menyelengarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggran (TA). 2023, di aula Kantor Bapelitbang Kota Padangsidimpuan, Senin (24/3/2022).

Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan dengan tatap muka dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), dibuka !Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dihadiri Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar, MM, Wakil Ketua DPRD H. Erwin Nasution, SH, Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, serta pimpinan OPD, Kabag, Kabid dan Camat di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

Kegiatan dibagi dalam dua sesi yaitu sesi pembukaan dan pembahasan yang dilakukan secara simultan selama 4 hari, mulai 14 s/d 17 Maret 2022, dengan mengambil tiga lokasi yakni di aula Bapelitbang, aula Inspektorat dan aula MAN2 Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, mengharapkan agar seluruh perangkat daerah nantinya dapat menyesuaikan dan melaksanakan proses pemetaan atau pemuktahiran kembali terhadap program, kegiatan, serta sub kegiatan dengan mendasarkan Kepmendagri, yang dituangkan dalam kertas kerja.

Hal ini, dilaksanakan mengingat RPJMD Kota Padangsidimpuan 2018-2023 ada perubahan, sehingga perlu adanya penyesuaian-penyesuaian terhadap klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur program, kegiatan dan sub kegiatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu kata Irsan, dengan adanya pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi terhadap capaian target indikator RPJMD atau indikator kerja utama (IKU), tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2018-2023 maupun Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah.

” Karena itu, saya yakin seluruh OPD dan masyarakat tentu memahami kenapa target indikator RPJMD belum maksimal, bukan kita tidak menekankan, melainkan karena kondisi Covid-19. Jadi, perlu kita pahami bersama, ” ucap Irsan.

Disebutkannya, proses perencanaan 2023 ini merupakan tahun terakhirnya masa periode RPJMD Kota Padangsidimpuan 2018-2023. Untuk itu, ia meminta agar penyusunan RKPD 2023 tetap meningkatkan prioritas yang betul-betul berdampak ke masyarakat

” Meski dengan keterbatasan APBD dan dihadapkan situasi Covid-19, Pemko betul-betul mengoptimalkan anggaran untuk pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi, ” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here