BENDUNGAN IRIGASI JEBOL DI DESA PINTUPADANG JULU RATUSAN HA SAWAH TAKDAPAT DITANAMI

Madina,Sumtengpos– Ratusan hektar sawah di Desa Pintu Padang Julu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal terancam gagal tanam akibat sumber air yang berasal dari irigasi Bendungan Aek Milas jebol dihantam banjir beberapa waktu lalu.

Berdasarkan inpormasi petani bernama Zulfikar Solih mengatakan areal persawahan yang mengering itu terletak di Saba Bondar Godang, Saba Bolak, Saba Jiret, Saba Jae Huta.

” Kering sudah pak lahan kami, bibit sudah di semai ,lahan sudah di bersihkan namun air belum masuk akibat jebolnya bendungan Aek Milas”, ungkapnya Jumat (7/6) siang.

Ia mengatakan khawatir tahun ini petani gagal tanam,” jumlahnya di perkirakan ratusan hektar yang terancam, ini satu satunya lahan andalan usaha kami pastinya ketahanan pangan kami akan terganggu, hutang akan timbul imbas dari masalah ini”, keluhnya.

“Kami berharap dinas pertanian dapat turun untuk membantu petani agar areal persawahan dapat ditanami padi dengan memperbaiki jaringan irigasi”, tutupnya.

Selain untuk persawahan , informasi warga jaringan irigasi ini bermuara ke Mesjid Nurul Iman Desa Huta Baringin. (Gong Matua Hasibuan/ Caim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here