Mahasiswa KKN Tematik Covid-19, Sosialisasikan Akselerasi Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat.

Padangsidimpuan, Sumtengpos – Mahasiswa Universitas Aufa Royhan (UNAR) yang tergabung dalam KKN Tematik Covid-19 kelompok 1 melakukan sosialisasi akselerasi perubahan perilaku pencegahan Covid-19. Salah satu sosialisasi yang dilakukan adalah Sosialisasi penyuluhan kesehatan tentang Covid-19.

Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Losung, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan (08/01).

Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang pencegahan penularan virus corona Covid-19, serta mengedukasi agar masyarakat tidak takut untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika suatu saat terkena demam, flu dan batuk, yang mengarah kepada ciri-ciri pasien yang terpapar virus corona Covid-19.

Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik ini dilaksanakan dengan membatasi jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi penyuluhan dengan tetap mematuhi prokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain program Sosialisasi penyuluhan kesehatan tentang covid-19, Mahasiswa KKN kelompok 1 juga melakukan beberapa program penyuluhan lainnya seperti :Penyuluhan tentang cara memakai masker yang benar. Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengunakan masker dengan baik dan benar.

Penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standar WHO.

Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat tahu pentingnya mencuci tangan dengan benar dan bagaimana dampaknya jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Penyuluhan tentang cara pembuatan handsoup dan kemudian dibagikan kepada peserta sosialisasi, program ini bertujuan untuk mendorong agar masyarakat lebih produktif sehingga mampu meningkatkat ekonomi masyarakat.

Pemanfaatan TOGA dan Cara pembuatan Jamu. Program ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai pengobatan tradisional yang bersifat prefentif serta murah dan mudah didapatkan. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mengelolanya menjadi minuman sederhana yang dapat meningkatkan imunitas tubuh seperti Bandrek.

Seluruh program yang telah dilakukan tersebut dibimbing oleh Ibu Delfi Ramadhini, SKM, M.Biomed dan Bpk Ahmad Safii Hasibuan, SKM, MKM selaku dosen pembimbing Lapangan. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 30 hari terhitung sejak 17 Desember 2020 sampai 15 Januari 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here