Peduli Pendidikan, PT Agincourt Resources Bangun TBA

Batangtoru, Sumtengpos –  Lagi, Bukti Peduli Agincourt Resources terhadap pendidikan dan masyarakat sekitar dengan membuat Program TBA ( Taman Bacaan Anak ) salah satunya kerjasama M ASYARAKAT Sumuran Batangtoru dengan Tambang Emas Martabe kebanggaan masyatakat Tabagsel ini.

Saat team sumtengpos mendatangi tempat TBA di Aek Sirara dan bertemu dengan pengurus dan selaku pendidik Ibu Mayangsari (27) dan Riska Andriani (28) didampingi puluhan anak lagi belajar menggambar dan membaca buku dengan tertib 20/6/2023.

Mayangsari mengatakan TBA ini sudah mulai bulan November  2014, karena di Desa Aek Sirara tidak ada perpustakaan dan lokasi kantor Desa jauh di desa aek sirara, atas bantuan dan support PT. Agincourt Resources berhasil di bangunan tempat ,bantuan buku, taman baca semua bantuan martabe, pengelola kami sendiri guru dan adalah honor dari Tambang ungkapnya dengan senyum.

Untuk rata-rata yang menggunakan tempat dan meminjam buku ada 40 anak perharinya, program ini termasuk pendidikan luar sekolah,  disini juga kita sekalian ajarkan membaca ,menghapal ayat ayat pendek, mengambar, bermain , kerajinan tangan dari barang bekas seperti tas dari soklin liquid daur ulang  tambang Mayangsari.

Sumber semua buku ini Alhamdulillah berkat bantuan tambang emas martabe, ikut belajar anak ini gratis , Pihak Perusahaan memberikan per hari Rp.35.000/orang untuk kami berdua bergantian jadwal mengajari dan pengelolanya.

Dimana TBA ini mulai buka pukul 10.00 Pagi sampai dengan Pukul 13.00 Siang , anak biasanya ramai meminjam buku, bermain disini ketika jam istirahat anak sekolah yang gak berada tepat di halaman sekolah Aek Sirara tersebut.

Bahkan saat ditanya team sumtengpos, siapa saja yang menikmati fasilitas TBA tersebut? Sanga Guru mengatakan anak seputaran sekolah dari  usia 3 tahun sampai orang tua bahkan ada sekalian menunjukan buku tamunya.

Tambah Maya” Sejak 2014 di bangun minat baca rata-rata anak sekolah, pinjam buku dan boleh bawa pulang, biasa nya akhir tahun diberikan dan 500 an sekarang jumlah buku 1000 seperti fiksi novel, alam, olahraga geografi dan lainnya.

Masyarakat sangat mendukung  kegiatan program tambang emas martabe ini, bahkan mereka suruh masuk TBA dan aktif , pemerhati juga ada dari Desa sekitar seperti kebutuhan juga di support, terakhir Kekurangan AL Quran seperti untuk mengajir mangaji,tadarusan seandainya ada program pengadaan tahun ini harapnya dengan ramah mengakhiri.

Sementara Via Telephone Yayan Nuryawan (44 ) Supt Community Servis saat menjelaslan Pengelola TBA lestari kita ada pengadaan proses pembelian di gramedia rencana 14 TBA akan kita lakukan secara bertahap rata2 60 s/70 buku /TBA kita melihat sesuai kebutuhan nya.

Program target pengadaan buku kita perdayakan Persada dan Rencana akan dilakukan pengadaan buku di Tahun ini kita akan lakukan renovasi di tahun ini TBA mawar desa napa, melati desa batuhula, rosela bandar hapinis, cempaka hutaraja, pardomuan dan sahata saholoan wek 2 dan 5 lagi kita kelola.

Target tidak gadget bisa belajar tk, sd dan smp kalo ada tugas bisa d kerjakan kerja kelompok di TBA, kegiatan2 dongeng, gambar barang bekas, setiap minggu kita buat lomba dan kasih hadiah hiburan.

Anak TBA belajar tari di sopo daganak dari pemalu sekarang jadi berani dan yang ikut TBA jadi lebih kreatif dan mereka skill menari , musik modern dan belajar bahasa inggris dengan mengundang 2 guru dan untuk 8 TBA kita terapkan1 bulan 2x tambahnya mengakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here