SMGP-Pemkab Madina Kolaborasi Bangkitkan UMKM

Madina,Sumtengpos– PT SMGP (Sorik Marapi Geothermal Power) melakukan kunjungan silaturahmi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) di jalan Willem Iskandar Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan, Jumat (31/5/2024)

PT SMGP diwakili koordinator tim Community Development, Ngalim dan didampingi Nur Halimah. Kedatangan mereka disambut Kepala DPMPTSP, Faisal Lubis. Pada kesempatan itu turut hadir kepala dinas Koperasi UKM, Ahmad Afandi Lubis.

Ngalim, selaku perwakilan PT SMGP kepada wartawan mengatakan, kunjungan mereka ini tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Madina. Ia menjelaskan saat ini ada beberapa produk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) masyarakat dalam pembinaan PT SMGP di wilayah kerja perusahaan yaitu di Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kecamatan Lembah Sorik Marapi dan Kecamatan Panyabungan Selatan.

“Saat ini sudah memasuki tahun kedua kami bermitra dengan masyarakat untuk memberdayakan dan mengembangkan beberapa produk UMKM. Kami memberikan bantuan mulai dari permodalan hingga pendampingan agar produk yang mereka buat itu layak beredar di pasar. Alhamdulillah progresnya cukup baik dan sudah banyak permintaan pasar,” kata Ngalim

Ia menerangkan, beberapa kendala yang dihadapi saat ini adalah terkait perizinan untuk mendapatkan P-IRT dan perizinan lainnya.

“Sebagian produk sudah ke luar P-IRT, tetapi ada beberapa lagi yang belum. Oleh karena itu kita datang kemari agar semua perizinan yang dibutuhkan bisa secepatnya didapat masyarakat kita pelaku UMKM, sehingga produksi bisa lebih meningkat dan bersaing di pasar,” ucapnya.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Madina, Faisal Lubis menyambut baik kedatangan PT SMGP yang telah memprakarsai program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui program UMKM.

“Kami mengapresiasi program PT SMGP karena telah membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat kita khususnya di wilayah kerja mereka. Kita berharap program ini bisa ditingkatkan sehingga banyak lahir industri rumah tangga di daerah kita,” katanya.

Soal kendala yang dihadapi kelompok masyarakat pelaku UMKM, Faisal memastikan pihaknya akan membantu agar tidak ada kendala lagi.

“Tentunya semua perizinan akan kita bantu mempercepat sesuai aturan yang ada, karena ini sangat berguna bagi masyarakat kita. Dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan dengan kelompok masyarakat pelaku UMKM untuk menuntaskan kendala yang ada,” kata Faisal.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Madina, Afandi Lubis juga mengapresiasi program pemberdayaan UMKM yang dijalankan PT SMGP.

“Kita siap kolaborasi, ke depan kita harap pelaku UMKM itu membentuk koperasi agar semakin kuat secara kelembagaan,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here