BPODT Kembangkan Toba Caldera Resort Seperti Bali

Toba, Sumtengpos– Mantab! Toba Caldera Resort (TCR) Kebanggan di Kabupaten Toba, Sumatera Utara terus dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Kawasan TCR ini, dikembangkan di lahan tepi Danau Toba seluas 386,72 hektar.

Informasi yang diterima sumtengpos Berbagai fasilitas akan dipersiapkan di lahan The Kaldera Toba Nomadic Escape, seperti Glamour Camping (Glamping), Bobocabin, kafe, points UMKM, points foto spot Jokowi hingga wahana bermain anak-anak Kawasan TCR ini juga dikembangkan tepi Danau Toba seluas 386,72 hektar.

Informasi ke awak media diberikan Kepala Divisi Umum BPODT, Mosanda Tampubolon dalam kegiatan Kunjungan Media dan Diskusi Terpumpun di Kawasan TCR, 10/10/2023.

“Kawasan TCR ini, dibuka 4 April 2019, dibuka oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya,” ucap Mosanda kepada wartawan¬†tergabung dalam Forum Wartawan Unit Pemprov (FWP) Sumut.

Kegiatan berjalan lancar dan juga dihadiri Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, Nelson Lumban Toruan, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BPODT, Deti Silaban dan Ketua FWP Sumut, Zulkifli Harahap serta Diskusi ini, dimoderatori oleh Benny Pasaribu.

Selanjutnya Mosanda mengatakan ” di lahan TCR ini, akan dibangun fasilitas lainnya, seperti hotel, parking hub dan wahana wisata dengan melibatkan investor nasional dan asing juga kawasan ini dapat berkembang maju seperti Kawasan Wisata Nusa Dua di Bali.

“Disini kami ada beberapa investor ikut serta melakukan pengelolaan bisnis. Disini ada restoran, dengan menyewakan lahan dan bagi hasil. Ada parking hub dan fasilitas lainnya,” ucap Mosanda.
Mosanda mengatakan bahwa kawasan TCR ini, semakin terkenal di tanah air dan internasional. Pasca kunjungan Presiden RI, Joko Widodo pada 30 Juli dan viral dengan ada spot foto Jokowi.

Lanjut, Mosanda mengungkapkan BPODT merupakan Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dengan memiliki dua fungsi tugas, yakni pertama pengelola lahan Toba Kaldera Resort. Pihaknya, bisa membangun, pengembangan, evaluasi di lahan ini.

“Kedua, kordinatif dengan melakukan kordinasi dengan stekholder di Danau Toba, seperti melakukan kordinasi dengan 8 Bupati dan 1 Gubernur dalam pengembangan Danau Toba ini,” tandasnya.

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, Nelson Lumban Toruan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari puluhan jurnalis yang bertugas di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut di kawasan TCR.

“Mitra strategis adalah wartawan, untuk menyampaikan informasi ada disini. Kami dari BPODT mengucapkan terima kasih atas kedatangan di Kaldera Toba. Kirim salam bapak Dirut BPODT, Jimmy B Panjaitan dan jajaran.

Mereka sedang, menjalani tugas diluar dari Kantor yang ada di Toba ini. Kami bangga menyambut kedatangan bapak/ibu kesini,” jelas Nelson.
Sementara itu, Ketua FWP Sumut, Zulkifli Harahap juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dari BPODT dan jajaran di Kawasan TCR ini.

Kedepannya, diharapkan ada kolaborasi antara jurnalis dengan stekholder dalam pengembangan Danau Toba.

“Terima kasih BPODT, yang sudah bersedia menerima dan menyambut kita, dari Forum Wartawan Unit Pemprov Sumut. Dalam kesempatan ini, kita 40 orang.

Ini program Pemprov Sumut difasilitasi Dinas Kominfo Sumut, untuk datang kesini. Untuk mengetahui program apa saja yang sudah dan akan dilakukan kedepannya,” kata Zulkifli

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here