DPD Walantara Tapsel Apresiasi Peduli Lingkungan Tambang Emas Martabe

Batangtoru, Sumtengpos – DPD Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Tapanuli Selatan menilai pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup di Tapanuli Selatan semakin baik berkat usaha yang dilakukan masyarakat dan badan usaha.

Salah satu badan usaha di Tapanuli Selatan yang berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan hidup yakni PT Agincourt Resources (PTAR). Pengelola Tambang Emas Martabe ini pernah melakukan penanaman 1.000 bibit pohon produktif di Sungai Garoga pada 2022.

Ahmad Paisal Lubis selaku Ketua Panitia penyelenggara agenda penanaman 1000 pohon, penaburan benih ikan dan pembersihan sampah kawasan masyarakat tahun lalu masih ingat dan bercerita kontribusi PTAR ke Sumtengpos pada 6/1/2023.

Paisal mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta Organisasi Kepemudaan dan PTAR yang turut hadir dan mendukung, termasuk para tamu undangan lainnya dalam pelaksanaan penanamam pohon.

“Apresiasi kami dari Parsadaan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Kabupaten Tapanuli Selatan dan DPD Walantara (Wahana Lingkungan Alam Nusantara) kepada PTAR yang sudah melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup sepanjang 2021 hingga 2022,” katanya.

PT.AR dalam Upaya pelestarian lingkungan hidup ini diharapkan dapat memitigasi kerusakan aliran sungai dan abrasi di Desa Garoga dan sekitarnya, juga menekan risiko luapan Sungai Garoga dan perubahan iklim yang bisa berdampak ke pemukiman Desa Garoga yang dihuni 917 jiwa.

Upaya PTAR dalam kegiatan konservasi Sungai Garoga pernah dilakukan sebelumnya sebagai bentuk mitigasi terhadap aliran Sungai Garoga yang membelah pemukiman masyarakat. Mitigasi ini penting dilakukan karena banjir sangat mungkin menimpa pemukiman Desa Garoga yang dikelilingi sungai dengan struktur tanah sangat rendah di bagian hulu sungai.

Sepanjang 2021, PTAR telah menanam lebih dari 8.000 bibit pohon. Sebanyak 5.000 bibit pohon di antaranya ditanam di beberapa titik di dalam dan di luar area Tambang Emas Martabe. PTAR telah menanam lebih dari 41.000 bibit pohon sejak 2012, dengan potensi produksi oksigen sekitar 18 juta kilogram per tahun dan penyerapan gas karbon sekitar 1 juta ton per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here