SMGP Tutup Kegiatan Bulan K3 Nasional 2024

Madina, Sumtengpos– PT SMGP (Sorik Marapi Geothermal Power), perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengadakan apel penutupan rangkaian kegiatan Bulan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) Nasional tahun 2024, Selasa (13/2/2024) di halaman basecamp PT SMGP, Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Upacara penutupan Bulan K3 Nasional ini dipimpin Zico Dian Paja Putra, selaku HSE koordinator mewakili Kepala Teknik Panas Bumi, Ali Sahid.

Turut hadir seluruh karyawan SMGP, juga stakeholder yang meliputi perusahaan atau kontraktor di wilayah perusahaan pembangkit listrik itu.

Zico Dian Putra, acting KTPB mengatakan rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional selama sebulan penuh telah selesai dilaksanakan, dan semua program yang direncanakan semuanya berjalan dengan baik.

“Karenanya kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berupaya dengan maksimal menjalankan semua program ini, sehingga rangkaian acara Bulan K3 Nasional 2024 berjalan sesuai dengan rencana yang ditentukan,” katanya.

Zico menjelaskan, berdasarkan keputusan Menteri Tenaga Kerja nomor 244 tahun 2023 tentang petunjuk pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2024, disebutkan bahwa pelaksanaan Bulan K3 memiliki tiga program khusus yaitu: kegiatan bersifat strategis, promotif, dan bersifat impelementatif. Dan atas dasar itu pula PT SMGP menyelenggarakan kegiatan yang bisa mencakup seluruh program tersebut yang diisyaratkan pemerintah.

“Tentunya bagi pemenang lomba dalam semua rangkaian kegiatan itu kami mengucapkan selamat dan bagi yang belum berhasil, kita masih bisa mengikutinya perayaan Bulan K3 tahun depan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2024 ini dapat menjadi landasan untuk bersama-sama meningkatkan HSE performance di tahun 2024. Kata Zico, tahun 2024 ini masih menjadi tahun penuh tantangan khususnya dalam penerapan K3 di SMGP, mengingat target perusahaan ditambah lagi dengan peningkatan fasilitas serta penyelesaian kegiatan pengeboran di wellpad V.

“Tentunya kami berkomitmen untuk dapat menempatkan prioritas tertinggi terhadap K3. Dengan dijadikannya PT SMGP sebagai salah satu objek vital nasional maka pengetatan keamanan pun akan menjadi prioritas. Pengendalian orang masuk, pengendalian kendaraan yang masuk, serta pengetatan sistem keamanan, adalah hal mutlak yang dilakukan demi terciptanya lokasi kerja yang aman, nyaman, dan selamat,

“Oleh karenanya, kami meminta kerjasamanya dari seluruh stakeholder yang ada termasuk para mitra kerja SMGP untuk bersama-sama berpartisipasi dan berkontribusi menjadikan K3 sebagai garda terdepan dalam memastikan aktivitas bisnis dapat berjalan lancar. Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju nihil kecelakaan guna peningkatan produktivitas nasional dapat segera terwujud secara nyata,” tutupnya.

Diakhir kegiatan ini, panitia pelaksana Bulan K3 Nasional bersama HSE coordinator menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba pada rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional PT SMGP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here