Zunaidi Aprijal : Bertani Pepaya Kalina Sangat Menjanjikan

Padangsidimpuan, Sumtengpos – Pepaya Kalina Hybrida yang dibudidayakan Kepala Desa Simasom Ahmad Siregar dibimbing langsung Dinas Pertanian Padangsidimpuan melalui PPL Pertanian wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu 12/12/20.

Adapun petugas PPL Pertanian yang berhasil tersebut Zunaidi Aprijal , pendampingan berkesinambungan dilaksanakan dari persiapan pembibitan, penanaman.

Pepaya Kalina yang di Desa Simasom yang di kunjungi sumtengpos tersebut sudah berumur lebih kurang lima bulan, kondisi berbuahnya pepaya Kalina sangat memuaskan.

Tambah Zunaidi Aprijal pada Sumtengpos” bertani pepaya Kalina ini cukup menjanjikan dalam hal perekonomian masyarakat, mengingat wilayah Padangsidimpuan Angkola Julu adalah sektor pertanian yang bagus untuk bercocok tanam.

Secara teknis, umur pepaya kalina lima bulan yang berada di Desa Simasom ini sangat bagus, menurut Institut Pertanian Bandung (IPB) ” pepaya kalina berproduksi minimal delapan bulan,namun yang kita tanam ini,masih umur lima bulan membuahkan hasil yang sangat bagus terangnya ke sumtengpos.

Disebut menjanjikan perekonomian masyarakat tentang pepaya kalina ini tambah Zunaidi ” harga pepaya kalina saat ini tiga ribu rupiah perkilogramnya, satu buah saja bisa minimal beratnya satu kilogram dikalikan dua ratus batang,sudah berapa uang yang dihasilkan pepaya kalina yang kita tanam di Simasom ini.

Kita targetkan kedepan ” minimal dua buah perbatang siap panen perminggunya,apa tidak membantu dalam hal perekonomian ? sementara itu jumlah tanaman pepaya kalina di Desa Simasom saat ini dua ratus dua puluh batang, dengan target panen perdana minimal dua setengah ton,untuk produksi pepaya kalina,menurut IPB hanya dua sampai tiga tahun,namun kita buat target empat tahun dengan teknis,perawatan yang maksimal,mudah mudahan tercapai.

Ahmad Siregar selaku Kepala Desa Simasom dan boleh disebut penggalak petani pertama untuk pepaya kalina diwilayah Padangsidimpuan Angkola Julu menjelaskan tujuannya menanam pepaya tersebut “mengajak para petani untuk menambah penghasilan yang menjanjikan,selain menanam padi,tomat,bawang,kol,papaya ini juga bisa membangkitkan ekonomi “terangnya ke sumtengpos.

Mana tau adinda mau ikut atau kawan kawan pembaca Koran Sumatera Tenggara Pos menanam Pepaya Kalina, boleh pesan bibitnya kesaya atau PPL Zunaidi, kita siap membantu dalam hal teknis, pembibitan dan penanamannya nanti “ungkap Ahmad Siregar Pada Sumteng Pos sambil menutup perbincangan. Usman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here