Ini Press Release PT SMGP Mengenai ” Investigasi Pihak Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM

Madina, Sumtengpos Sabtu, 14 Mei 2022 – Menyusul Investigasi yang dilakukan pihak Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM atas dugaan paparan gas H2S dari uji sumur AAE-05 tanggal 6 Maret 2022 di Proyek Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Pada 13 Mei 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina mengadakan rapat pembahasan laporan hasil investigasi terhadap dugaan paparan gas H2S tersebut. Rapat yang digelar di Aula Kantor Bupati Madina, dipimpin oleh Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution, dihadiri Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution, Sekda Gozali Pulungan, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Kapolres Madina AKBP Reza Chairul Akbar, Dandim 0212 Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, Camat Puncak Sorik Marapi Ridwan Lubis, Kepala Desa Sibanggor Julu Awaluddin, Kajari Madina, DLH Madina, tokoh masyarakat desa Sibanggor Julu diwakili BPD, NNB dan perangkat desa serta tokoh pemuda. Sedangkan SMGP dihadiri oleh Wakil Kepala Teknik Panas Bumi Ali Sahid.

Dalam rapat tersebut, pembahasan hasil investigasi menjelaskan bahwa tidak ada paparan gas H2S dari kegiatan uji alir sumur AAE-05 pada 6 Maret 2022. Fokus utama dalam rapat juga pada rekomendasi yang diajukan Forkopimda terkait stabilitas sosial dan meminimalisir risiko operasional SMGP.

Wakil Kepala Teknik Panas Bumi SMGP Ali Sahid menyampaikan rencana diskusi internal terkait rekomendasi tersebut. “Terkait dengan empat belas poin rekomendasi, kami akan mempelajari dan membahasnya secara internal perusahaan. Hal ini juga mempertimbangkan _compliance_ atau kepatuhan terhadap peraturan yang ada, dan disesuaikan dengan rencana perusahaan karena beberapa hal sudah masuk rencana SMGP. Kami berharap bahwa masyarakat juga menerima serta mendukung program yang kami rencanakan.”

SMGP berharap bahwa beberapa hal yang sejak awal sudah menjadi rencana program perusahaan tersebut, dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mendengar saran dan masukan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here