Mahasiswa KKN Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan Fakultas Kesehatan 2021 Berpartisipasi Dalam Kegiatan POSBINDU Lansia Di Desa Sibangkua

Tapsel, Sumtengpos – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kelompok III Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan Fakultas Kesehatan berpartisipasi mengikuti kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Lansia di Desa Sibangkua Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Adapun KKN ini menjadi menjadi Program Utama selama KKN di Desa Sibangkua dan Selaku Dosen Pembimbing Lapangan 1 adalah Dosen Ayus.

POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu) adalah Kegiatan monitoring dan Deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Dimana layanan ini diperuntukkan khusus penyakit tidak menular yang mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dalam kondisi sehat, masyarakat berisiko maupun masyarakat dengan kasus PTM dimana Selaku Dosen Safii Pembimbing lapangan 2.

Posbindu ini dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 11 Desember 2021. Untuk Desa Sibangkua sendiri kegiatan posbindu ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali di minggu kedua, Ujar Ida Restianna selaku kader posbindu Desa Sibangkua.

Posbindu dimulai dengan setiap orang melakukan pendaftaran kemudian cek berat badan, tinggi badan, cek riwayat kesehatan keluarga, tekanan darah, gula darah dan setiap orang akan mendapatkan makanan sehat seperti bubur sebelum pulang, yang sudah disiapkan oleh petugas.

Tujuan dan manfaat dari posbindu ini yaitu memfasilitasi mengenai pencegahan penyakit serta penanganan secara dini. Mahasiswa KKN kelompok III Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan dan tim kesehatan posbindu di desa sibangkua melaksanakan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan berat badan, tinggi badan, kolesterol, tekanan darah, asam urat.

Membantu Petugas Posbindu Untuk Mengukur Tinggi Badan dan Berat Badan, Membantu Petugas Posbindu Untuk Mengukur Tekanan Darah

Membantu Petugas Posbindu Untuk Mengukur Gula Darah dan Asam Urat (AU)
Disisi lain mahasiswa juga memberikan pengarahan kepada peserta posbindu mengenai keluhan kesehatan yang dideritanya.

Mahasiswa KKN kelompok III Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan ikut berpartisipasi untuk meningkatkan pola hidup yang bersih dan sehat serta menurunkan risiko kejadian penyakit tidak menular (PTM) di kalangan masyarakat Desa Sibangkua khususnya pada Lansia.

“ Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Sibangkua, semoga dengan adanya kegiatan posbindu ini dapat dijadikan wadah informasi mengenai upaya pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM (Penyakit Tidak Menular)” ujar Hakim ketua kelompok III KKN Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan Ke Sumtengpos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here